Rabu, 07 November 2007

BAB 2 (1-10)

1.Apa yang menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya?
Jawab:
Yang menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya adalah sumber dayanya. Sumber daya disini maksudnya adalah sumber daya intern dan ekstern perusahaan.

2.Apa sajakah delapan elemen lingkungan ?
Jawab:
-Pemasok ; menyediakan material, mesin, jasa dan informasi yang digunakan oleh perusahaan untuk memproduksi barang dan jasanya.
-Pelanggan ; barang jasa ini dipasarkan kepada para pelanggan perusahaan, yang mencakup pemakai saat ini dan calon pemakai.
-Serikat Pekerja ; organisasi bagi tenaga kerja terampil maupun tenaga tidak terampil.
-Masyarakat keuangan ; terdiri dari lembaga-lembaga yang mempengaruhi sumber daya uang yang tersedia bagi perusahaan.Contohnya meliputi bank dan lembaga peminjaman lainnya, serta perusahaan- perusahaan investasi.
-Pemegang saham atau pemilik ; orang-orang yang menanamkan modal di perusahaan dan mewakili tingkat manajemen tertinggi.
-Pesaing ; mencakup semua organisasi yang bersaing dengan perusahaan dipasaran.
-Pemerintah ; pada tingkat pusat, daerah, dan local, memberikan batasan-batasan dalam bentuk undang-undang dan peraturan, tetapi juga memberikan bantuan dalam bentuk pembelian, informasi dan dana.
-Masyarakat global ; wilayah geografis tempat perusahaan melaksanakan operasinya. Perusahaan menunjukkan tanggung jawabnya pada masyarakat global dengan memperhatikan lingkungan alam, menyediakan produk dan jasa yang meningkatkan kualitas hidup dan beroperasi secara etis.

3.Apakah marjin itu, dan apa hubungannya dengan keunggulan kompetitif?
Jawab:
Margin adalah nilai produk dan jasa perusahaan, seperti yang diyakini oleh pelanggan perusahaan itu, dikurangi biaya-biayanya.Suatu perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif dengan memproduksi suatu margin yang lebih besar daripada pesaingnya.

4.Apa saja aktivitas nilai utama Porter? Apa saja aktivitas nilai pendukungnya?
Jawab:
• Aktivitas nilai utama (primary value activities) adalah aktivitas yang berhubungan dengan produksi dan penawaran nilai yang lebih besar kepada pelanggan daripada yang dilakukan pesaing. Nilai dapat dihasilkan dengan menyerahkan produk dan jasa ke pelanggan serta dengan menyediakan dukungan setelah penjualan.
Aktivitas utama:
-Aktivitas manufaktur
-Aktivitas penjualan
• Aktivitas nilai pendukung (support value activities) adalah aktivitas yang menyediakan input dan infrastruktur yang memungkinkan aktivitas utama berlangsung.
Aktivitas pendukung:
-Departemen hubungan pemegang saham
-Kelompok riset pemasaran
-Departemen akuntansi

5.Apakah rantai nilai itu?
Jawab:
Rantai nilai terdiri atas aktivitas nilai utama dan aktivitas nilai pendukung yang diintegrasikan oleh beberapa kaitan. Aktivitas nilai utama mencakup logistic masuk yang memperoleh bahan baku dan pasokan dari pemasok, operasi perusahaan itu yang mengubah bahan baku menjadi barang jadi, logistic keluar yang mengangkut barang ke pelanggan, operasi pemasaran dan penjualan yang mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan mendapatkan pesanan, serta kegiatan pelayanan yang memelihara hubungan baik dengan pelanggan setelah penjualan. Aktivitas nilai pendukung mencakup infrastruktur perusahaan - pengaturan organisasional yang mempengauhi semua aktivitas utama secara umum. Selain itu ada tiga aktivitas yang dapat mempengaruhi aktivitas utama secara sendiri-sendiri atau dalam kombinasi tertentu. Manajemen sumber daya manusia terdiri dari semua aktivitas yang berhubungan dengan pengelolaan personil perusahaan, termasuk fungsi-fungsi yang dilaksanakan para manajer dan peran yang mereka mainkan. Pengembangan teknologi mencakup semua aktivitas yang melibatakan teknologi, termasuk penerapan teknologi tersebut secara efektif. Pengembangan system informasi berbasis computer adalah contohnya. Pemerolehan (procurement) berhubungan dengan aktivitas mendapatkan sumber daya seperti material dan mesin yang digunakan oleh aktivitas-aktivitas utama. Departemen pembelian perusahaan melaksanakan banyak aktivitas perolehan ini.

6.Apakah sistem nilai ?
Jawab:
Sistem Nilai adalah sistem yang dibentuk oleh para manajer agar mencapai keunggulan kompetitif tambahan dengan mengaitkan rantai nilai mereka dengan rantai nilai pemasok, para anggota saluran dan pelanggan.

7.Daftarkan 7 jenis sumber daya informasi. Berikan tanda bintang pada sumber daya yang selalu ditempatkan dalam jasa informasi !
Jawab:
1. Perangkat keras komputer
2. Perangkat lunak computer
3. Spesalis informasi
4. Pemakai
5. Fasilitas
6. Database *
7. Informasi *

8.Dapatkah seorang manajer menjadi seorang CIO, walaupun ia tidak memiliki gelar itu ? jelaskan alasan anda.
Jawab:
Dapat, karena konsep CIO mengakui manajer jasa informasi sebagai seorang eksekutif sumber daya informasi yang terletak diluar jasa informasi yang dikelolah oleh para manajer area pemakai. Dan semua manajer harus membuat rencana, dan eksekutif terlibat dalam perencanaan srategis jangka panjang.

9.Dapatkah kesarjanaan dalam administrasi bisnis membantu seorang CIO? Jelaskan!
Jawab:
Iya, dapat. Karena melalui seorang CIO yang memiliki gelar/kesarjanaan dalam administrasi bisnis maka setidak-tidaknya ia telah memiliki ilmu/pengetahuan yang mendukung bisnisnya. Hal tersebut merupakan sumber daya informasi yang dibutuhkan olehnya, dalam hal pertimbangan serta pengambilan keputusan kerja CIO tersebut dengan pekerjaannya.

10.Apakah manajemen informasi menjadi bertambah atau berkurang rumit selama decade terakhir ? Jelaskan!
Jawab:
Bertambah, karena pada 10 thn pertama era computer, semua sumber daya informasi ditempatkan terpusat di dalam unit jasa informasi perusahaan. Mulai dari pemasangan terminal keyboard di pertengahan tahun 1960-an, berlanjut dengan pnyebaran computer mikro di tahun 1980-an. Semakin banyak perangkat keras ditempatkan di luar unit jasa informasi. Semakin banyak sumber daya informasi yang di peroleh seluruh perusahaan, maka tugas manajemen sumber daya informasi menjadi lebih rumit.